Membuat Blog Untuk Bisnis yang Mudah dan Murah Lengkap


Cara Membuat Blog – Blogging adalah aktivitas yang semakin lama banyak digemari oleh penduduk Indonesia waktu ini. Semakin banyak blogger baru yang bermunculan dengan dengan dengan dengan topik dan model tulisan yang berbeda-beda. Untuk membawa efek blog, sesungguhnya tersedia banyak sekali platform yang sanggup kami gunakan, seperti: WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Webs, Jigsy, dan selalu banyak lagi. Namun, saya memperhatikan kebanyakan blogger Indonesia mengfungsikan WordPress dan Blogger (blogspot). Karena itu saya sanggup mengupas sedikit tentang cara bikin blog di kedua platform ini.Oh ya, Saya membawa efek artikel ini tertentu untuk teman-teman yang belum mengerti cara membawa efek blog, baik itu di WordPress ataupun di Blogger. Jadi, jika Anda telah mengerti caranya, menurut saya tidak kudu membaca artikel ini lagi. Nah, untuk teman-teman yang belum mengerti cara bikin blog di WP atau Blogger silahkan lanjutkan membaca, dan jangan lupa siapkan camilan dan minuman karena artikel ini agak panjang hehehe.

Sebelumnya, saya beri mengerti dulu bahwa kedua sarana ini – WordPress dan Blogger – beri tambahan sarana gratis untuk membawa efek blog. Namun, walau keduanya beri tambahan sarana gratis untuk blogging, kedua platform ini membawa perbedaan satu sama lain. Nah, pelajari dulu apa saja berlebihan dan kekurangan kedua platform ini supaya mengerti platform mana yang paling sesuai dengan dengan dengan dengan Anda.I. Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com (Blogspot)Blogger.com adalah platform blogging gratisan milik Google. Anda sanggup membawa efek blog dengan dengan dengan dengan gratis di blogger, baik itu mengfungsikan subdomain dan hosting gratis ataupun mengfungsikan domain sendiri dengan dengan dengan dengan hosting gratis di blogger. Nah, artikel ini sanggup mengupas cara membawa efek blog di Blogspot dengan dengan dengan dengan subdomain dan hosting gratis berasal berasal berasal dari Blogger.com.

Sebelum membawa efek blog di blogger, saya memberikan panduan Anda untuk membawa akun e mail di Google mail (gratis). Ini sanggup memudahkan sistem pembuatan blog Anda. Kalau Anda belum mengerti cara membawa efek email, sanggup membaca tulisan saya terhadap mulanya tentang cara membawa efek email. Kalau Anda telah membawa akun e mail di Gmail, segera saja mengikuti sistem membawa efek blog di blogspot, sesudah itu ini adalah langkah-langkahnya:1. Langkah pertama adalah mengakses web site site site Blogger.com, klik link sesudah itu untuk mengakses Blooger berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com 2. Pada halaman Blogger.com klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Masuk”. Anda sanggup di arahkan ke halaman untuk masuk ke akun Google. Masukkan alamat emai Gmail ke kolom yang telah disediakan, sesudah itu klik tombol Berikutnya Login ke akun Google 3. Masukkan password e mail Anda, ke kolom yang di sediakan. Klik tombol Berikutnya 4. Jika Anda baru pertamakali membawa efek blog di Blogger, maka Anda kudu menentukan profil akun Google yang sanggup digunakan. Anda sanggup mengfungsikan akun Blogger biasa  ataupun akun Google+. Di artikel ini saya memberikan panduan untuk mengfungsikan akun Google+, klik tombol Buat Profil Google+

5. Formulir isian profil Google+ Anda sanggup terisi secara otomotis. Jika tersedia berharap mengakibatkan pergantian data diri, jika mengakibatkan pergantian nama, model kelamin, dan  tanggal lahir, Anda sanggup mengubahnya di halaman ini. Jika telah selesai mengedit, klik BUAT PROFILE. 6. Selanjutnya Anda sanggup diarahkan ke halaman sesudah itu di mana Anda sanggup beri tambahan foto profil untuk akun Google Anda. Bila tidak berharap beri tambahan foto, maka Anda tinggal klik LEWATI. Tapi jika Anda berharap beri tambahan gambar profile, maka Anda sanggup klik logo Kamera terhadap halaman tersebut, sesudah itu upload gambar. Setelah sistem upload gambar selesai, klik tombol SIMPAN. 7. Saat ini Anda telah selesai membawa efek akun Google+ Anda. Selanjutnya Anda klik Lanjutkan ke Blogger

8. Untuk menjadi membawa efek blog baru Anda, klik tombol BUAT BLOG BARU, melihat gambar sesudah itu 9. Anda sanggup diarahkan ke halaman sesudah itu di mana Anda sanggup memasukkan “Judul Blog”, menentukan nama/ alamat subdomainnya, dan menentukan Tema blog Anda Pada bagian Judul, silahkan isikan dengan dengan dengan dengan Judul Blog Anda, jika “Belajar Membuat Blog” Pada bagian Alamat, silahkan isikan dengan dengan dengan dengan alamat URL blog Anda, jika “maxbikinblog.blogspot.com” Pada bagian Tema, Anda sanggup menentukan tidak benar satu tema standar yang di sajikan oleh Blogger.10. Setelah semua diisi, silahkan klik tombol Buat Blog

11. Sampai di sini Anda telah membawa blog baru. Tapi sesungguhnya ini belum selesai, sesudah itu Anda kudu laksanakan lebih berasal dari satu pengaturan dan mempelajari lebih berasal dari satu navigasi di halaman kerja Blogger. Sedikit penjelasan tentang menu atau navigasi dashboard Blogger: Pos: Daftar artikel yang telah ditulis, telah diterbitkan, dan artikel yang selalu di dalam wujud draft. Statistik: Data statistik tentang blog Anda, Data cermat tentang trafik pengunjung blog Anda diantaranya kuantitas pengunjung, kuantitas postingan, dan kuantitas artikel. Komentar: Pada halaman ini, Anda sanggup melihat komentar yang masuk. Anda terhitung sanggup mengedit atau khususnya menghapus komentar yang tidak diinginkan. Kampanye: menampilkan menu yang terjalin dengan dengan dengan dengan Adwords, yaitu sarana periklanan milik Google. Mungkin waktu ini Anda belum kudu fitur ini, menjadi tinggalkan saja dulu Laman: Halaman statis seperti page terhadap WordPress. Biasanya digunakan untuk halaman About, TOS, dan lain-lain. Tata Letak: Pada halaman ini Anda sanggup menyesuaikan layout blog Anda, beri tambahan atau menyesuaikan posisi widget. Tema:  Pada halaman ini Anda sanggup mengganti tema blog sesuai dengan dengan dengan dengan keinginan. Setelan: Halaman ini digunakan untuk menyesuaikan setelan blog, pengaturan berapa artikel yang sanggup ditampilkan di halaman utama (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain.

2. Posting Konten di Blogger Untuk membawa efek tulisan konten terhadap Blogger sesungguhnya caranya sangat mudah, sesudah itu ini langkah-langkahnya: Langkah pertama adalah laksanakan klik terhadap tombol Entri Baru Buat judul konten: bikin judul singkat saja karena blogger halangi kuantitas pembawaan untuk judul postingan. Masukkan artikel atau konten lain terhadap halaman konten yang telah di sajikan oleh blogger. Anda sanggup memasukkan konten berwujud text, gambar, dan terhitung video. Anda sanggup memasukkan link, mengganti format text, dan lain-lain, dengan dengan dengan dengan pemberian menu formating yang tersedia di bawah judul konten. Isi label/ kategori yang sesuai dengan dengan dengan dengan konten yang Anda buat, sesudah itu klik tombol “Selesai” dibagian bawah kolom label.Anda terhitung sanggup menjadwalkan waktu posting konten sesudah itu sesuai dengan dengan dengan dengan keinginan, membawa efek tautan permanen, beri tambahan lokasi, khususnya beri tambahan pilihan lainnya sesuai dengan dengan dengan dengan kebutuhan. Jika Anda telah yakin sanggup membawa efek konten Anda online, silahkan klik tombol “Publikasikan”.

Konten Anda telah online dan sanggup dibaca orang lain.Untuk login ke dashboarb Blogger, Anda cukup mengfungsikan alamat e mail Gmail dan password yang digunakan untuk mendaftar di Blogger.com Simpan alamat e mail Gmail dan password Anda dengan dengan dengan dengan baik supaya enteng digunakan waktu berharap login ke Blogger. Sampai di sini pasti saja Anda telah cukup mengerti cara membawa efek blog gratis di blogger. Anda terhitung sanggup mengganti tema blog Anda atau menyesuaikan tampilan widget. II. Cara Membuat Blog Gratis di WordPress.co Script WordPress sanggup digunakan untuk domain dengann hosting sendiri ataupun digunakan secara gratisan. Namun, artikel ini sanggup mengupas cara membawa efek blog gratis di WordPress.com, di mana kami sanggup nikmati semua sarana dengan dengan dengan dengan gratis, baik itu subdomain dan terhitung hosting-nya. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah mengakses web site site site WordPress, klik atau mengakses URL ini di browser Anda id.wordpress.com 2. Setelah halaman WordPress terbuka, silahkan masukkan alamat web site site site yang Anda inginkan, jika BlogTersayang.wordpress.com. Lalu klik tombol “Buat Situs Web”. Lihat  gambar di bawah ini: 3. Akan muncul halaman baru. Pada halaman ini, Anda sanggup diminta isikan kolom-kolom, seperti alamat e mail Anda, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog. Alamat email: isikan dengan dengan dengan dengan alamat e mail Anda Nama pengguna: Gunakan nama Anda atau variasi nama Anda (misalnya: nana89), ini untuk user name waktu login ke dashboar WP Password: isikan dengan dengan dengan dengan password yang kuat dan enteng diingat Pastikan alamat blog: cek ulang alamat untuk blog Anda, jika “BlogTersayang.wordpress.com” Jangan lupa klik link yang bertuliskan “akan mengfungsikan alamat yang gratis” Setelah semua kolom telah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang tersedia di bagian bawah.

4. Pihak WordPress sanggup mengirimkan link untuk verifikasi ke e mail Anda. Buka e mail Anda, temukan e mail berasal berasal berasal dari wordpress.com dan klik link di di dalam e mail tersebut. Lihat gambar 5. Setelah laksanakan verifikasi dengan dengan dengan dengan cara yang dijelaskan terhadap cara 4 di atas (klik link verifikasi), nanti sanggup terbuka tab baru di browser dan Anda sanggup melihat halaman dashboard WordPress milik Anda. Lihat GambarLangkah sesudah itu Anda bisa saja berharap membawa efek sebuah logo atau favicon untuk blog yang baru Anda buat. Untuk menolong Anda membawa efek logo dan favicon, Anda sanggup mengfungsikan online logo maker seperti Logaster. Buka web site site site Logaster dan Anda sanggup membawa efek Logo paling baik untuk blog baru Anda.

Pengaturan, Desain dan Posting di Blog WordPress Sampai cara 5 di atas sesungguhnya Anda telah membawa blog WordPress. Anda sanggup melihat tampilan blog dengan dengan dengan dengan mengetikkan nama blog Anda di browser. Namun, bisa saja Anda menjadi tidak sesuai dengan dengan dengan dengan tampilan default berasal berasal berasal dari WordPress. Anda sanggup menjadi laksanakan lebih berasal dari satu settingan terhadap blog WP anda, jika membawa efek judul blog, membawa efek tag line atau gambaran singkat, mengganti themes, menempatkan widget dan lain-lain.1. Pengaturan Blog WP Untuk membawa efek pengaturan di blog WordPress, Anda sanggup melakukannya di di dalam dashboard WP Anda dengan dengan dengan dengan mengakses tombol link “Pengaturan“. Pada bagian pengaturan terkandung sub-sub kategori pengaturan yang sanggup Anda edit. Menurut saya, yang paling penting terhadap bagian ini adalah pengaturan; umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut ini penjelasan singkatnya:

Umum: Pada bagian ini Anda sanggup mengganti judul blog dengan dengan dengan dengan judul yang sesuai dengan dengan dengan dengan keinginan, dan terhitung beri tambahan tagline untuk blog Anda. Selain itu, Anda terhitung sanggup laksanakan lebih berasal dari satu pengaturan lainnya di halaman ini, jika beri tambahan ikon untuk blo, mengganti format tanggal dan waktu. Jangan lupa untuk menaruh perubahaan yang Anda lakukan.Menulis: Pada bagian ini Anda sanggup membawa efek pengaturan tulisan, menentukan kategori tulisan standar. Membaca: Di sini Anda sanggup menyesuaikan tulisan yang ditampilkan terhadap halaman utama blog Anda. Anda sanggup membawa efek halaman statis ataupun dinamis, tetapi panduan saya karena ini adalah blog maka sanggup lebih baik jika Anda menampikan halaman dinamis. Pada halaman ini Anda terhitung sanggup menentukan kuantitas artikel yang tampil di halaman utama, dan lain-lain. Bila Anda tidak berharap tentang khusus, biarkan saja settingan di halaman ini secara default.

Diskusi – Di sini Anda sanggup menyesuaikan bagaimana orang lain sanggup berkomentar di blog Anda. Jika Anda tidak berharap tentang yang khusus, sebaiknya biarkan saja settingan default terhadap halaman ini. 2. Desain Blog WPAnda terhitung sanggup mengganti Themes dan beri tambahan widget untuk Blog WordPress Anda. Mengatur themes dan widget sanggup membawa efek blog WP muncul lebih baik dan sesuai dengan dengan dengan dengan keinginan pelmilik blog. Buka tombol link “Tampilan” yang tersedia di dashboard blog wordpress Anda. Menurut saya bagian yang paling penting di sini adalah Tema, Widget, Menu. Berikut penjelasan singkatnya:

Tema: Pada bagian ini Anda sanggup menentukan theme/ tema yang sesuai dengan dengan dengan dengan keinginan Anda. Di WordPress.com tersedia banyak sekali tema gratisan dengan dengan dengan dengan tampilan yang bagus. Perhatikan, jangan hingga menentukan theme premium, menentukan saja tema gratisan.Widget: Di sini Anda sanggup beri tambahan lebih berasal dari satu widet yang Anda berharap yang sanggup muncul di bagian side bar blog WordPress Anda. Perhatikan, jangan sangat banyak memasukkan widget sanggup memengaruhi kecepatan loading blog Anda.

Menu: Anda sanggup beri tambahan lebih berasal dari satu link untuk menu lewat halaman ini. Misalnya Anda berharap membawa efek halaman about, halaman kontak, privacy policy, dan lain-lain, Anda sanggup membuatnya di halaman ini. 3. Posting Konten di WordPressLangkah sesudah itu adalah membawa efek tulisan artikel. Untuk memposting artikel atau konten lainnya, sanggup lewat tombol link “Tulisan”. Perhatikan link yang tersedia di dashboard Anda: Semua Tulisan: ini adalah link untuk melihat semua tulisan artikel yang tersedia di blog Anda. Tambah Baru: ini adalah link untuk membawa efek postingan/ konten baru di di dalam blog Anda. Kategori: ini adalah link untuk melihat atau beri tambahan kategori baru di blog wordpress Anda.

Untuk membawa efek tulisan di WordPress.com menurut saya sangat mudah, khususnya jauh lebih enteng dibandingkan dengan dengan dengan dengan platform lain. Yang kudu Anda memperhatikan terhadap halaman membawa efek konten adalah sebagai berikut:Judul konten: Buat judul yang sesuai dengan dengan dengan dengan konten. Halaman konten: Anda sanggup beri tambahan konten berwujud text (artikel), gambar, dan video di halaman ini. Menu formating: Perhatikan menu formating yang tersedia di halaman kerja WordPress. Anda sanggup beri tambahan link, menyesuaikan text, mengganti warna text, menambah gambar dan video, dan lain-lain. Kategori dan Tag: Jangan lupa untuk membawa efek kategori dan tag untuk masing-masing konten Anda. Ini sanggup memudahkan Anda dan pembaca blog Anda untuk melihat konten dengan dengan dengan dengan kategori atau tag tertentu. Jika Anda telah yakin dengan dengan dengan dengan konten Anda, silahkan klik tombol “Terbitkan” yang tersedia di sebelah kanan halaman kerja WordPress.

Nah, sesudah membaca penjelasan di atas, pasti saja Anda telah sanggup membawa efek blog WordPress sendiri ya. Langkah yang dijelaskan di atas sesungguhnya cukup sederhana, dan jika Anda berharap membawa efek tampilan blog lebih baik lagi, Anda sanggup berkreasi lebih jauh. Namun, kudu Anda ketahui bahwa WordPress.com beri tambahan batasan terhadap penggunanya di dalam mengedit kode-kode html di di dalam blog WordPress.Catatan Penting: Untuk masuk ke dashboard blog WordPress Anda, tuliskan alamat blog Anda di browser dengan dengan dengan dengan beri tambahan /wp-admin. Contoh caramembuatblogby.wordpress.com/wp-admin, sesudah itu masukkan email/username dan password Anda. eMail/Username dan password ini telah Anda bikin berasal berasal berasal dari awal waktu membawa efek blog di WordPress.com. Simpan username dan password Anda dengan dengan dengan dengan baik, supaya enteng digunakan waktu Anda berharap login ke blog Anda. “Bila Anda berharap membawa domain dan hosting sendiri, Anda sanggup mendapatkannya di Niagahoster”.

Demikianlah penjelasan singkat cara membawa efek blog Gratis di WordPress dan Blogger. Mudah-mudahan artikel ini sanggup menolong teman-teman yang belum mengerti cara membawa efek blog gratisan. Jika tersedia tentang yang tidak cukup mengerti dan berharap ditanyakan tentang artikel di atas, silahkan kirim pertanyaan di bagian komentar. Terimakasih telah membaca artikel saya :)


 

0 Response to "Membuat Blog Untuk Bisnis yang Mudah dan Murah Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel